ShareThis

07 December 2010

Criticism

Ayat : Amsal 15:31-32
Ayat emas : Amsal 15:32b = “Tetapi siapa yang mendengarkan teguran, memperoleh akal budi.”
Rasanya kok nggak enak banget ya kalo ada orang yang ngasih tahu kita tentang apa yang perlu kita ubah dari diri kita, betul? Apalagi kalo saran itu bertubi-tubi. Misalnya nih, Bu Guru di sekolah tiba-tiba manggil dan mencecar bahwa tugas yang kita buat hampir semuanya salah. Kita langsung sebel soalnya kita merasa bahwa kita udah susah-susah ngerjain sampai larut malam, tapi masih juga dibilang banyak salah. Belum juga sempat menarik napas, sesampai di rumah, mama langsung negur supaya kita bersihin kamar, “Ayo berubah, jangan malas merapikan gitu, belajar rapi dikit, kenapa?
Fren, saat ada orang yang nunjukin kelemahan kita, emang rasanya nggak menyenangkan soalnya pada dasarnya manusia tuh lebih suka dipuji ketimbang dikritik. Tapi, daripada kita tersinggung lalu marah-marah akibat kritikan tadi, mendingan kita anggap itu sebuah kesempatan untuk menjadi orang yang lebih baik. Kritikan bisa buat kita jadi lebih bijaksana dan dengan hikmat, hidup kita bakal lebih ceria, sukacita dan menyenangkan.
Kalau dalam terjemahan New Living, ayat di atas berbunyi begini: “Jika kamu mendengarkan kritik yang membangun, kamu akan tinggal di tengah orang bijak” (ayat 31) dan jika kamu menolak kritikan, kamu hanya merugikan dirimu sendiri: tapi jika kamu mendengar koreksi, kamu bertumbuh di dalam pengertian.” (ayat 32). So, mulai sekarang kita harus siap menerima kritikan, coz itu juga demi kebaikan kita sendiri, setuju!
God Bless ^^

Popular Posts

 
Hope and Love Jesus Christ | HLJCC