ShareThis

18 January 2013

Lepas dari cengkeraman Iblis

Ayat : Matius 8:28-34 Permusuhan antara kebenaran dan kejahatan sudah terjadi sejak di taman Eden (Kej 3:15) sampai kedatangan Yesus pertama hingga masa kini di 2013 bahkan sampai kedatangan-Nya kedua kali. Iblis sebagai penghulu kuasa jahat berusaha merebut jiwa manusia untuk membinasakannya. Namun, Yesus datang untuk membebaskan manusia dari Iblis, dosa, dan maut. Di mata Allah setiap jiwa manusia sangat berharga, sehingga Dia mengutus Yesus mati disalib demi menyelamatkannya. Penyelamatan dari Yesus bukan hanya untuk umat Israel, tetapi untuk semua bangsa. Yesus pergi ke Gadara, wilayah nonYahudi untuk menyelamatkan dua orang yang dirasuk setan. Yesus sengaja menemui kedua orang itu untuk membebaskan mereka dari siksa roh-roh jahat karena tidak ada kuasa lain yang dapat menolong...

Karya Raja surga

Ayat : Matius 8:1-27 Matius mengatur Injilnya secara berselang-seling antara pengajaran Yesus mengenai kerajaan surga dan tindakan-Nya yang nyata sebagai wujud kehadiran kerajaan surga di bumi ini. Setelah pasal 5-7 menghadirkan pengajaran akan karakteristik kerajaan surga, pasal 8-9 memaparkan kuasa kerajaan surga di dalam tindakan Yesus demi penyelamatan umat manusia, yang bukan terbatas pada umat Yahudi saja. "Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama… di kerajaan sorga" (11). Kuasa Yesus sebagai Raja dalam kerajaan surga nyata lewat karya-Nya. Pertama, Ia melenyapkan penyakit kusta (3), kelumpuhan (13), dan demam (15). Kusta melambangkan dosa dan kenajisan. Penderita kusta bukan hanya secara fisik menderita, secara sosial pun tersingkirkan dari masyarakat....

Standar penilaian kerajaan sorga

Ayat : Matius 7:13-29 Bagian akhir khotbah di bukit ini menarik karena kita diperhadapkan dengan kesejajaran yang berkesinambungan mulai dari dua jalan (luas dan sempit), pintu (lebar dan sesak), tujuan (kehidupan dan kebinasaan), pohon dan buah (yang baik dan tidak baik), orang (bijaksana dan bodoh), dasar bangunan (batu dan pasir), rumah (yang tidak rubuh dan yang hebat kerusakannya). Kesejajaran yang sinambung ini merupakan klimaks yang menegaskan pelajaran-pelajaran sebelumnya. Berbagai kesejajaran ini merupakan suatu tantangan dari Yesus kepada para murid-Nya dan juga orang banyak yang mendengarkan pengajaran-Nya untuk serius merespons dengan benar. Di ayat 12, Yesus sudah mendorong inisiatif orang Kristen untuk melakukan yang terbaik bagi sesama. Yesus sendiri meninggalkan...

Standar penilaian diri

Ayat : Matius 7:1-12 Relasi dengan sesama sering kali bergantung pada ukuran yang kita kenakan pada orang lain atau sebaliknya, apa yang orang lain ukur dari diri kita. Sering kali ukuran itu berkaitan dengan apa yang dimiliki dan dihasilkan orang itu. Matius menuliskan pengajaran Yesus dalam hal menghakimi berkaitan dengan apa yang dihasilkan oleh orang yang tidak memiliki karakter surgawi, yaitu orang yang di luar Kristus. Ukuran yang ia pakai adalah dirinya sendiri yang berdosa. Ia tidak dapat melihat dalam terang Kristus apa yang menjadi kekurangan dirinya sendiri. Seseorang yang tidak memiliki Kristus tidak akan dapat melihat dengan ‘jelas’ kesalahan dirinya sendiri, apalagi kesalahan orang lain (5). Maka, penghakimannya itu pasti salah dan ngawur. Yesus mengajar lebih lanjut...

Standar pencapaian

Ayat : Matius 6:19-34 Orang dunia mengukur keberhasilan hidup sehari-hari berdasarkan pencapaiannya. Ukuran pencapaian itu selalu berhubungan dengan harta atau uang yang dimiliki. Pencapaian dimulai dari hati (21) dan sejauh mana tubuh seseorang digerakkan oleh keinginan mata (22-23). Ironisnya, orang dunia tidak menyadari bahwa semua hartanya suatu hari kelak akan lenyap (19) sementara dirinya terus mencari untuk menimbunnya, walaupun harus melakukan berbagai kejahatan. Orang Kristen, sebaliknya. Matius melanjutkan pengajaran Yesus dengan frasa "karena itu". Tujuannya untuk mengontraskan sikap Kristen seharusnya dengan kenyataan dunia. Pengajaran Yesus ini justru menunjukkan betapa banyak orang Kristen yang terjebak dalam menerapkan standar duniawi, yaitu mengukur hidup dari harta...

Standar ibadah menurut Bapa

Ayat : Matius 6:1-18 Setelah berbicara mengenai karakter surgawi yang harus terlihat oleh sesama, Yesus masuk pada ibadah yang bersifat pribadi. Yang ditekankan di sini adalah sikap yang harus kita miliki dalam ibadah. Yesus mengritik sikap yang salah (1, 5, 7, 16). Ibadah bukan sekadar kewajiban agama, apalagi dilakukan di hadapan orang lain untuk mendapatkan pengakuan. Memberi sedekah adalah sikap ibadah yang menyatakan kepedulian dan kasih kepada orang-orang yang dipedulikan dan dikasihi Allah. Tujuan kita memberi bukan supaya diketahui dan dipuji orang lain. Memang, sampai saat ini banyak pendanaan pelayanan masih terpola dengan mengedepankan donatur atau penyandang dana. Mereka dianggap berjasa lebih, melampaui orang-orang yang sumbangsihnya berbeda. Hal itu dapat memengaruhi motivasi...

Aman dalam lindungan Allah

Ayat : Mazmur 91 Sepasti apa perlindungan Allah atas umat-Nya? Bagaimana menjelaskan malapetaka, sakit penyakit, dan penderitaan yang dialami umat-Nya?Mazmur 91 merupakan pengenalan dan pengalaman iman pemazmur yang dapat mewakili umat Tuhan sepanjang zaman dan sejarah. Mazmur ini tidak membicarakan penderitaan karena pikul salib, melainkan penderitaan umum yang dihadapi semua orang. Pemazmur memastikan bahwa Allah dapat dipercayai karena Dia adalah tempat perlindungan setiap orang yang takut kepada-Nya dan tidak mengandalkan yang lain (9-13). Apa pun jenis penderitaan itu, sakit penyakit (3, 6), musuh yang berupaya membinasakan (5), atau aneka malapetaka (10), kalau Tuhan sudah menyatakan perlindungan-Nya maka perlindungan itu sudah pasti! Pemazmur juga menyajikan kenyataan anak-anak...

17 January 2013

Perubahan karakter dan relasi

Ayat : Matius 5:21-48 Pengajaran Yesus berlanjut. Yesus menegaskan berlakunya hukum Taurat dalam hidup orang Kristen. Namun, penerapannya harus dengan motivasi dan prinsip yang benar, tidak sekadar secara harfiah atau ditafsirkan secara sempit. Agar masuk ke dalam motivasi dan prinsip yang benar, kita harus melihatnya dalam kaitan dengan karakter surgawi yang sudah dipaparkan sebelumnya, khususnya pada ayat 5, 7, 9-10. Setiap ucapan bahagia itu berimplikasi terhadap relasi dengan sesama. Pertama, membunuh yang disamakan dengan marah dan menggunakan perkataan yang menghina (21-22). Hal itu berhubungan dengan karakteristik yang dimiliki oleh orang yang lemah lembut (5). Kedua, hidup damai yang menunjukkan relasi dengan Tuhan dicerminkan dari relasi kita dengan sesama, baik saudara maupun...

Lakukan dan ajarkan semuanya

Ayat : Matius 5:17-20 Apa dasar pengajaran Tuhan Yesus tentang karakter surgawi yang mengarahkan kita pada kebahagiaan surgawi? Firman Tuhan. Yesus menegaskan bahwa yang Ia lakukan bukan membatalkan hukum Taurat atau kitab para nabi, melainkan menggenapi firman Tuhan dalam Perjanjian Lama. Penggenapan itu meliputi apa yang dilakukan dan yang diajarkan Tuhan Yesus. Karena itu setiap orang yang mengaku pengikut Kristus juga harus "melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat" (19). Perkataan ini menjadi acuan yang sangat penting bagi kita di tengah dikotomi yang menekankan hanya pada pengajaran tentang iman atau hanya pada perbuatan nyata. Hal ini terutama bagi orang yang menganggap tahu firman Tuhan, seperti ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, maupun para pemimpin...

Menjadi garam dan terang dunia

Ayat : Matius 5:11-16 Bagaimana orang Kristen yang sedang teraniaya (11-12) bisa menjadi saksi Kristus, menggarami dan menerangi dunia (13-16)? Jawabannya ada pada siapa orang Kristen itu! Yaitu, seorang yang sudah diselamatkan oleh Yesus dan sedang mewujudkan karakter surgawi. Akibat karakter surgawi adalah kebahagiaan surgawi. Kebahagiaan itu sudah kita alami di dunia ini, saat masih teraniaya dan akan mendapatkan kepenuhan dan kesempurnaannya di surga kelak (12). Justru karena orang Kristen mewujudkan karakter surgawi sehingga mengalami kebahagiaan surgawi, ia bisa menjadi garam dan terang dunia. Kebahagiaan yang bersumber dari kerajaan surga tidak terkondisikan oleh dunia. Tuhan Yesus menyatakan "kamu" (13, 14). Keduanya secara langsung menunjuk kepada orang Kristen sebagai garam...

Kebahagiaan sejati

Ayat : Matius 5:1-10 Matius 5-7 yang dikenal sebagai khotbah di bukit merupakan bagian pertama dari blok pengajaran Yesus. Delapan ucapan bahagia ini (3-10) diawali dan diakhiri dengan frasa "Kerajaan Sorga" (3, 10), yang berarti bahwa kebahagiaan adalah akibat dari kehidupan yang memenuhi karakteristik surgawi. Yesus sedang mengajarkan para murid untuk menentukan kebahagiaan tidak menurut karakteristik dunia. Dunia mengenal kemiskinan jasmani, tetapi tidak mengenal kemiskinan rohani (3), yaitu kesadaran bahwa kita sungguh-sungguh membutuhkan Tuhan. Dunia mengenal dukacita karena peristiwa yang menyedihkan, tetapi tidak tahu kedukaan yang merupakan sikap yang diperlukan untuk berbalik dari dosa dan bergantung pada-Nya (4). Keduanyalah respons yang tepat terhadap Allah dan rencana-Nya...

Saya mau ikut Yesus

Ayat : Matius 4:18-25 Ada dua kelompok orang yang mengikut Tuhan Yesus. Kelompok pertama adalah orang yang dipanggil Yesus secara pribadi (19-22). Tampaknya mereka melihat otoritas Yesus sehingga segera memberikan respons positif, respons yang penuh totalitas. Simon dan Andreas segera meninggalkan jala dan mengikuti Dia (20), Yakobus dan Yohanes segera meninggalkan perahu serta ayahnya lalu mengikuti Dia (22). Secara simbolis, "Meninggalkan jala" berarti meninggalkan pekerjaan lama agar bisa melayani Tuhan sepenuh waktu; dan "Meninggalkan ayah" berarti memprioritaskan Tuhan lebih daripada keluarga. Yang menarik, ada kata "segera" yang melengkapi kedua tindakan tersebut. Berarti tanpa penundaan dan panggilan Yesus bagai sebuah hadiah berharga yang harus segera direbut. Saat itu mereka berada...

Bagi bangsa-bangsa lain

Ayat : Matius 4:12-17 Pelayanan Yesus pertama kali dilakukan di Galilea setelah Ia mendengar bahwa Yohanes ditangkap (bdk. Mat 14:3-5). Bagi umat Yahudi di Yudea, penduduk Galilea bukan orang Israel murni karena dianggap telah bercampur dengan bangsa-bangsa nonYahudi. Menarik sekali, karena Matius mencatat fakta bahwa pelayanan perdana Yesus ditujukan kepada mereka yang kemurnian Yahudinya dipertanyakan, dan juga kepada bangsa-bangsa lain. Matius juga mengutip Yesaya 8:23-9:1 sebagai dasar pelayanan Yesus kepada bangsa-bangsa lain. Mengapa Allah hendak menyelamatkan bangsa-bangsa lain? Matius mengutip Yesaya 9:1 yang berbentuk puisi kesejajaran sinonim untuk memaparkan kondisi bangsa-bangsa tersebut. Baris pertama, "... bangsa yang diam dalam kegelapan telah melihat Terang yang besar"...

16 January 2013

Menang dari pencobaan

Ayat : Matius 4:1-11 Frasa "Tuhan Yesus dicobai" dapat membuat kesalahpahaman bahwa Yesus pun merasakan dicobai, yaitu munculnya hasrat untuk melakukan dosa. Padahal Yesus tidak memiliki natur dosa. Yakobus 1:13 menuliskan, "... Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun." Namun ada yang dapat kita pelajari dari cara Yesus menghadapi Iblis. Iblis pandai mengambil kesempatan. Ia mencobai saat orang lapar, marah, lelah, atau kesepian. Atau bisa juga saat orang merasa bangga atau bahagia. Pada kisah ini, Iblis mencobai Yesus seusai Ia dibaptis dan berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam (2). Tentu Ia sangat lapar dan secara fisik menjadi rentan. Pada saat itu Iblis berkata, "Jika Engkau Anak Allah ...", padahal sudah ada konfirmasi...

Bijak memberitakan

Ayat : Matius 3:1-12 Pelayanan Yesus didahului oleh Yohanes Pembaptis, yang bertugas merintis jalan bagi Yesus. Tugas ini mulia karena ia mempersiapkan manusia bagi kedatangan Sang Juruselamat. Apa yang Yohanes lakukan? Ia menyerukan pertobatan (1-2). Bertobat berarti berbalik, yaitu berbalik dari kehidupan yang tidak sesuai firman Allah ke arah hidup yang diselaraskan dengan firman itu. Bertobat berarti membiarkan Sang Juruselamat berkarya di dalam kehidupan. Seruan Yohanes ternyata berdampak luar biasa. Penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea, dan dari seluruh daerah sekitar Yordan memberi respons dengan mengakui dosa dan memberi diri dibaptis (5-6). Walau demikian, ada juga orang-orang yang mengeraskan hatinya terhadap seruan Yohanes. Mereka adalah orang Farisi dan orang...

Taat dan setia

Ayat : Matius 2:13-23 Allah memakai Maria dan Yusuf sebagai alat untuk penggenapan rencana-Nya atas dunia ini melalui kelahiran Yesus di dalam keluarga mereka. Tugas mereka tidaklah mudah, apalagi kemudian diketahui bahwa nyawa Yesus yang masih kanak-kanak itu terancam. Raja Herodes yang mengetahui kelahiran seorang Raja Yahudi melalui orang Majus, lalu berhasrat mencari untuk membunuh Sang Bayi (1). Yusuf yang mengetahui hal itu dari malaikat kemudian segera menyingkir ke Mesir, sesuai perintah malaikat (2). Meski harus menempuh perjalanan berat bersama istri dan bayinya, Yusuf memilih untuk taat. Benar saja, Herodes yang kemudian tahu bahwa orang-orang Majus tidak kembali menemui dia, lalu memutuskan untuk membinasakan semua anak yang berusia dua tahun ke bawah (16). Kepatuhan Yusuf...

Tahu lalu merespons

Ayat : Matius 2:1-12 Kedatangan Tuhan Yesus ke dunia sudah dinubuatkan jauh sebelum waktunya. Salah satu nabi PL yang menubuatkannya adalah Mikha (5-6; Mi. 5:1). Nubuat itulah yang melatarbelakangi perjalanan orang-orang Majus ke Yerusalem untuk bertemu dengan Raja Yahudi yang baru lahir. Orang-orang Majus itu berasal dari negeri yang jauh (di sekitar teluk Persia, negara Iran sekarang), dari bangsa Media yang tidak mengenal Allah. Mereka merupakan kaum filsuf dan astronom yang mempelajari ilmu alam dan perbintangan. Maka dengan tuntunan Allah melalui sebuah bintang, mereka pun berjumpa dengan Yesus. Tentu saja mereka bersukacita atas keberhasilan pencarian mereka karena mereka tahu siapa Pribadi yang mereka temui saat itu. Maka respons terpantas yang mereka harus lakukan adalah...

Inilah Anak yang Kukasihi

Ayat : Matius 3:13-17 Baptisan Yohanes merupakan tanda pertobatan (Yoh 3:11). Namun Yesus datang menemui Yohanes untuk dibaptis (13). Ini menimbulkan pertanyaan, "Apakah Yesus berdosa sehingga Dia minta dibaptis? Atau jika Yesus tidak berdosa, mengapa Dia memberi diri dibaptis oleh Yohanes?" Yesus memberi diri dibaptis sebagai tanda bahwa Dia tunduk pada kehendak Allah. Jadi kedatangan Yesus kepada Yohanes bukan sebagai orang berdosa yang perlu bertobat. Yesus tidak berdosa sehingga tidak ada satu dosa pun yang darinya Yesus harus bertobat. Mulanya, Yohanes juga merasa tidak layak untuk membaptis Yesus, karena seharusnya Yesuslah yang membaptis dirinya. Namun bagi Yesus, baik diri-Nya maupun Yohanes harus melakukan apa yang menjadi kehendak Allah (14-15). Apa kehendak Allah bagi...

Popular Posts

 
Hope and Love Jesus Christ | HLJCC