ShareThis

02 January 2011

New Me

Ayat : Filemon 8-16

Ayat emas : 2 Korintus 5:17 = “Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus,ia adalah ciptaan baru : Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

Nggak diceritakan, apa sih yang pernah dibuat oleh Onesimus sehingga ia dipenjarakan. Tapi dari apa yang diomongin oleh Paulus kepada Filemon, kayaknya Onesimus pernah buat salah sama Filemon. Mungkin itu juga yang ngebuat Onesimus kudu nginep di hotel prodeo alias penjara.

Nah, ketika Onesimus keluar dari penjara, Paulus nitip surat ke Onesimus untuk Filemon. Rupanya Filemon ini juga anak rohani Paulus. Nah, di dalam penjara, Onesimus ini juga jadi anak rohani Paulus. Dan, Paulus ngeliat hidup Onesimus berubah. Karena itu, dalam suratnya, Paulus bilang sama Filemon, mungkin dulu si Onesimus ini nggak berguna buat kamu. Tetapi sekeluarnya Onesimus dari penjara, hidup Onesimus bakal berguna untuk Filemon, bahkan juga sudah berguna untuk Paulus.

Fren, siapa pun di dunia ini punya masa lalu. Dan, kadangkala masa lalu itu sangat buruk. Bukan hanya buruk bagi kita, namun juga buruk bagi orang lain. Kalau udah gitu, nggak heran deh jika ada orang yang nggak suka dengan kita. Lha, kita sekarang udah ngerasa kalau kita berubah. Trus gimana?

Onesimus juga udah berubah. Karena itu, Paulus ngasih surat kepada Filemon supaya mau nerima Onesimus lagi. Emang nggak diceritakan apakah Filemon itu mau nerima Onesimus lagi. Tapi, yang pasti Onesimus kudu bukti’in kalau dia memang udah bener-bener berubah.

Fren, ketika kita mau hidup sungguh-sungguh bersama Kristus, maka kita kudu nunjukkin sebuah perubahan dalam hidup. Perubahan itu kudunya stabil. Bukan hanya berubah sesaat aja dan kemudian kita malah lebih parah daripada yang dulu. Karena itu, buat komitmen yang bener untuk ngejalanin sebuah perubahan. Buktikan kalau kita adalah ciptaan baru.

God Bless ^^

Popular Posts

 
Hope and Love Jesus Christ | HLJCC