ShareThis

27 November 2010

Bantuan yang Tidak Membantu

Ayat : Roma 16:17-24

Ayat emas : Roma 16:19 = “...Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik dan bersih terhadap apa yang jahat.”

Budi yang pemalas tidak pernah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sekolahnya. Kerjaannya hanyalah bermain dan bermain saja. Beda sekali dengan temannya Dino yang rajin mengerjakan tugas guru. Karena sekarang tugas yang diberikan guru harus dikumpulkan dan dimasukkan ke nilai pelajaran, tak pelak hal ini membuat Budi kelimpungan. Ia lalu mendapat ide untuk menyuruh Dino mengerjakan tugasnya dengan imbalan. Imbalannya adalah satu bungkus nasi kuning setiap satu tugas yang telah diselesaikan. Dasar Dino suka makan, maka disetujuilah permintaan Budi. Tugas-tugas Budi pun mendapat nilai yang baik, tetapi yang mengherankan guru adalah mengapa tugas Budi nilainya baik sedangkan nilai ujiannya selalu jelek? Karena nilai ujiannya selalu jelek maka akhirnya Budi tidak naik kelas.

Fren, ada bentuk dari menolong yang sebenarnya tidak menolong tapi tambah menghancurkan seperti mengerjakan tugas teman ataupun memberi contekan pada teman saat ujian. Semua itu hanya akan membantu nilai teman kita untuk sementara. Lebih jauh lagi, hal itu adalah perbuatan dosa karena termasuk membantu teman berbohong. Kita harus berani menolak permintaan teman kita itu. Jangan takut dikatain sok suci ato sok alim. Awalnya mungkin mereka akan marah kalo kita nggak mau kasih contekan. Berilah pengertian dan jelaskan pada mereka kalau sebenarnya kamu mau mengajari mereka tapi waktunya bukan pada saat ujian, dengan demikian bantuan yang kita berikan akan tepat.

God Bless ^^

Popular Posts

 
Hope and Love Jesus Christ | HLJCC