ShareThis

16 December 2010

About Forgiving

Ayat : Kolose 3:1-14

Ayat emas : Kolose 3:13  = “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Fren, kadang-kadang kita mikir, kalau seseorang atau banyak orang sudah melukai hati kita dengan begitu sakitnya, apakah kita perlu memberi kesempatan kedua buat dia atau mereka? Aku pun pernah mikir kayak gitu, sampai kapan aku harus mengampuni orang-orang tersebut? Lalu aku teringat dengan perkataan Yesus saat murid-Nya, Petrus bertanya pada-Nya sampai berapa kali ia harus mengampuni saudara yang berbuat dosa padanya. Saat itu, Tuhan Yesus menjawab, “Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.” Hah? Sampai segitu banyaknya? Sebenarnya maksud Tuhan adalah kita harus selalu mengampuni orang yang salah sama kita, berapa kali pun banyaknya.

Capek mengampuni terus? Fren, secara nggak sadar kita tuh juga masih sering buat salah loh! Nah, kalau kita salah sama orang, tentunya kita ingin orang itu cepet maafin kita kan? Begitu juga dengan orang yang salah sama kita, mereka juga ingin cepat-cepat baikan sama kita, nggak ada perasaan nggak enak atau dendam. Terlebih lagi, coba kita ingat-ingat, sepanjang hidup kita, berapa kali Tuhan mengampuni kita? Nggak kebayang kan? Fren, nggak ada yang bilang kalau mengampuni itu hal yang gampang, tapi hanya dengan meminta pertolongan Tuhan buat memampukan kita, itu semua terasa lebih mudah, percaya deh! Satu lagi, kunci dari mengampuni bukan berarti harus melupakan. Mengampuni dengan kerelaan hati adalah saat kita mengingat kejadian itu pun, kita sudah tidak sakit hati lagi, bahkan dapat menjadikannya sebagai suatu pembelajaran dalam hidup kita.

God Bless ^^

Popular Posts

 
Hope and Love Jesus Christ | HLJCC